Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Mei 2013

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS “PELUANG BISNIS ONLINE BUTIK”



ABSTRAK
Semua usaha ini berawal dari jejaring sosial ‘facebook’ yang sering saya update, awalnya saya sering membeli online baju  lewat jejaring sosial tersebut, tetapi lama-kelamaan muncul dalam pikiran saya kalau ini bisa di jadikan peluang bisnis. Dengan design kemeja batik dengan logo club sepak bola di dunia  yang saya buat pertama kali mendapat banyak tanggapan positif dari teman-teman sesama supporter sepak bola, Akhirnya design tersebut saya produksi sebanyak 50 pcs dengan keuntungan Rp 150.000. Dari situ saya semakin menekuni bisnis kecil ini sampai sekarang.
Dalam perjalanan nya usaha saya ini tidak selalu berjalan mulus, saat saya memproduksi Kemeja batik edisi ke-4, saya mengalami penipuan dengan dibawa lari nya uang saya oleh pemilik konveksi, saat itu saya mengalami kerugian Rp 400.000. Dari kejadian itu saya bisa mengambil hikmah yang sangat berharga untuk kemajuan bisnis kecil ku ini.
Setelah online shop ini semakin berkembang saya ingin semakin memajukan bisnis online ini ke dalam bentuk distro dengan menggunakan kios (Butik shop), walaupun belum ada dana yang tersedia tetapi paling tidak ada usaha untuk semakin mengembangkan usaha online ini menjadi lebih berkembang.
Usaha ini bisa menjadi peluang bisnis saya di masa depan nanti, sebagai pengisi waktu luang di saat jam kuliah yang kosong.




ISI PELUANG BISNIS
I. USAHA BERAWAL DARI FACEBOOK
Ketika Saya memulai bisnis untuk pertama kalinya, bukan dengan uang atau apapun tetapi ini semua berawal dari jejaring sosial ‘Facebook’ yang sering saya update. Awalnya saya sering membeli baju kemeja  lewat online facebook yang di tawarkan oleh teman-teman. Setelah bosan dengan design yang selalu monoton, muncul dalam pikiran saya bahawa ini bisa menjadi peluang bisnis, akhirnya saya mencoba membuat design sendiri dengan kreativitas yang saya miliki, hanya sekedar mencoba saya upload design tersebut ke dalam album foto facebook ku, banyak respon positif dari teman-teman & kebanyakan dari mereka ingin kalau design yang saya buat untuk segera di produksi. Dengan lebih mantap & yakin saya segera promosikan design tersebut kepada semua teman yang saya kenal, setelah beberapa hari promosi akhirnya design kemeja batik dengan logo club sepak bola tersebut di produksi sebanyak 50 pcs, lebih dari perkiraaan yang saya pikirkan. Pertama kali saya menjual keja batik  ini dengan harga Rp 38.000 dengan keuntungan Rp 3000 dari setiap kemeja batik  tersebut. Dari bisnis pertama ini saya mendapat keuntungan Rp 150.000 . Hal inilah yang membuat saya semakin menekuni bisnis online shop dengan design & kreativitas yang berbeda di setiap produksi. Setelah percobaan bisnis pertama berhasil, saya semakin lebih tertarik mengembangkan usaha kecil lewat facebook ini, bulan berikutnya saya membuat produksi kemeja batik yang kedua dengan materi design yang berbeda, usaha ini saya lakukan sedikit demi sedikit sampai akhirnya sekarang sudah menjadi usaha sendiri walaupun masih lewat dunia maya atau online. Hampir di setiap produksi saya mendapat keuntungan sebanyak Rp 80.000 s/d Rp 150.000 tergantung dari jumlah pcs kemeja batik  yang saya buat setiap bulan. Usaha ini bisa menghasilkan peluang bisnis bagi saya di setiap bulan nya, meski masih dengan hasil yang belum cukup besar. Dari setiap kali produksi kemeja batik ini minimal saya selalu membuat 25 pcs dengan keuntungan minimal Rp 80.000.
II. MERINTIS MENDIRIKAN “BUTIK SHOP”
Setelah bisnis online shop berkembang, saya bersama teman-teman melanjutkan melakukan rintisan untuk mendirikan online shop tersebut ke dalam distro atau dengan kata lain menggunakan ‘kios’, dengan hal ini tidak hanya di dunia maya saja bisnis ini berkembang tetapi juga harus semakin berkembang lagi di dunia nyata. Ide ini muncul saat saya melihat salah satu toko merchandise di sekitar daerah stadion di Jogjakarta, hal ini menbuat saya semakin terpacu untuk lebih mengembangkan bisnis ini. Walaupun sampai sekarang belum ada dana untuk mewujudkan keinginan ini tetapi paling tidak ada ide & kemauan berusaha mewujudkan impian ku ini. Usaha online shop supporter sepak bola ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk ke depan nya, karena olahraga sepak bola tidak pernah mati & selalu banyak penggemar. Usaha ini bisa menjadi pegangan untuk masa depan saya nanti & untuk mengisi waktu luang.
1.      Pertama, lokasi butik
Ya, bisnis offline apapun, lokasi adalah hal nomor satu. Cari lokasi yang strategis, eye cathing, dan sasar yang banyak ditempati oleh kawula muda. Misalnya daerah ramai disekitar kampus. Anda juga pastinya harus mempersiapkan modal yang tak sedikit untuk lokasi ini.
2.      Kedua, supplier baju butik
Setelah mempunya lokasi ciamik, problem berat selanjutnya adalah menemukan supplier yang bagus, berkualitas, dan harga miring. Rajin-rajinlah untuk hunting supplier sebanyak mungkin, dan bandingkan kualitas dan harga masing-masing. Jangan lupa beli baju grosir di sini.
3.      Ketiga, Modal
Yaps, untuk mendapatkan lokasi yang sangat strategis dan bisa stok baju butik sebanyak mungkin, modal akan menjadi masalah utama. Pertimbangkan untuk juga mencari tambahan modal dari pinjaman bank.
4.   Keempat, Desain Interior Butik
Semakin manis desain butik Anda, otomatis tiap orang yang melintas akan melirik dan penasaran. Bikin se - chick mungkin, dan buat seterang dan secerah mungkin untuk menarik setiap pengendara yang lewat.
5.      Kelima, Promosi Butik
Setelah semua disiapkan, semua akan segera tak berguna jika Anda tidak melakukan promosi. Lakukan promosi segencar mungkin, dengan budget serendah mungkin untuk mengangkat performa butik Anda. Diawal pembukaan, jangan kaget kalau butik akan lesu jika promosi tidak disiapkan dengan matang. Cobalah lakukan kerjasama dengan organisasi kemahasiswaan terdekat, berikan diskon khusus jika mahasiswa suatu kampus membeli di tempat Anda. Dan sebagainya. Nhah, pasti penasaran dengan rincian modal nya kan Sebenernya ini sangat relatif dengan seberapa besar butik yang akan didirikan. Ok, untuk lebih mudahnya, saya akan menjabarkan rincian modal untuk usaha butik kelas menengah.




Rincian modal usaha:
Modal Awal:
Sewa lokasi tahun pertama: 50jt
Renovasi & Desain Interior : 25jt
Kulakan baju grosir: 150jt
Biaya soft opening dan promosi awal: 10jt
Biaya lain-lain (listrik,pajak,air) tahun pertama: 10jt
Total modal awal: 245jt
Proyeksi keuntungan usaha butik:
Untuk butik biasanya proyeksi keuntungan kotor adalah berkisar 30% hinggal 50% dari penghasilan. Jika sasaran butik adalah kelas menengah kebawah, maka keuntungan berkisar di 30%, tapi kalau sasarannya untuk menengah keatas, untung bisa lebihd dari 50%.
Rata-rata untuk butik kelas menengah, akan mampu menjual 100 juta perbulan, sehingga untung kotor perbulan adalah sekitar 100 juta. Jika diambil nilai aman keuntungan bersih adalah 50% dari keuntungan kotor, maka rata-rata keuntungan bersih perbulan adalah 50 juta.
Sehingga, pada akhir tahun pertama, Anda sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 2, 3 dan seterusnya, Anda tinggal mengumpulkan untung, atau bisa juga digunakan untuk ekspansi. Jangan lupa, biasanya butik akan semakin laris ditahun ke 2 dan ke 3.



REFERENSI

M. Suyanto. 2005. 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang: Belajar Dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, Penerbit ANDI Yogyakarta.

M. Suyanto. 2006. 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan: Belajar Dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, Penerbit ANDI Yogyakarta.

1 komentar:

  1. Nah, Ininih contoh artikel yang pasti bermanfaat bagi yang membutuhkan...


    Buat yang pengen ngedapetin dollar pake android,
    cuma instal app doang bs dpt dollar,.
    Caranya:
    1. Buka Playstore
    2. cari WHAFF REWARD
    3. Instal dan jalankan, login menggunakan akun facebook kamu
    4. jika suruh masukin kode undangan masukkan BA97187 (anda otomatis dapat $0,3 dari kode tsb)
    5. instal aplikasi yang di sediakan di whaff yang terdiri dari "pick keberuntungan, pick premium, pick whaff, dan cek kehadiran" lalu kumpulkan uangnya
    Minimal penarikan uang $10 untuk paypal, bisa kredit facebook dll
    Bisa digunakan untuk beli Gems Clash Of Clans juga loh

    bingung? Kunjungi http://whaffduit.blogspot.com

    BalasHapus

 

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Translate

About